MAKALAH
TUGAS
MANDIRI
DISUSUN
UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR SEMESTER
BAHASA
ARAB
NIM :1210305006
FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2011
KATA
PENGANTAR
Puji serta syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena Alhamdulillah atas rahmat dan karunia
serta ridhonya penyusun bisa menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa pula shalawat
beserta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad
SAW. Beserta pengikutnya hingga akhir jaman.
Kami
ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu dosen selaku dosen pembimbing mata kuliah
bahasa arab ini yang senantiasa memberikan arahan sampai tersusunya makalah
ini, juga tak lupa kepada orang tua kami yang selalu memberikan motivasi kepada
kami dan kepada pihak yang turut membantu semoga bertambah ilmunya untuk tetap
memberikan yang terbaik dan hanya Allah lah yang dapat memberikan balasannya.
Makalah
bahasa arab yang disusun ini untuk memenuhi tugas akhir semester. Dalam
penulisan makalah ini penyusun masih menyadari masih banyak kekurangan.
Dengan
isi yang sederhana . Besar harapan kami semoga makalah yang dibuat ini dapat
member manfaat sekedar menyingkap tabir pengetahuan serta menjenguk isinya
Bandung
30 mei 2011
Penyusun
Kata pengantar......................................................................................................................................... i
Daftar isi................................................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
Latar belakang masalah........................................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................................................................2
Pokok pokok pembahasan ilmu nahwu..................................................................................................................................................... 2
1. Huruf.......................................................................................................................................... 2
2. Kalimat....................................................................................................................................... 3
3. Isim/kata benda........................................................................................................................... 4
a.
Tanda
tanda isim.............................................................................................................. 4
b.
Huruf
jar.......................................................................................................................... 5
4. Fi’il/kata kerja............................................................................................................................. 6
5. Jumlah mufidah............................................................................................................................ 7
a. Pembagian jumlah mufidah.............................................................................................. 7
Macam macam Isim Mu’rab................................................................................................................................................... 8
1. Isim mufrad............................................................................................................................... 8
2. Isim mutsanna........................................................................................................................... 8
3. Jama’ mudzakkar salim.............................................................................................................. 8
4. Jama’ muannats salim................................................................................................................. 9
5. Jama’ taksir............................................................................................................................... 9
6. Isim yang lima........................................................................................................................... 10
7. Maqshur................................................................................................................................... 10
8. Manqush.................................................................................................................................. 11
9. Isim ghair munsharif................................................................................................................... 11
I’rab qaul dan hukumnya................................................................................................................... 11
1. Fi’il........................................................................................................................................... 11
2. Fa’il.......................................................................................................................................... 11
3. Na’ibul fa’il............................................................................................................................... 12
4. Mubtada................................................................................................................................... 12
5. khabar...................................................................................................................................... 13
6. maf’ul bih.................................................................................................................................. 13
simpulan.............................................................................................................................................. 14
daftar pustaka..................................................................................................................................... 15
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Sebagai
umat islam, kita dituntut untuk bisa mengkaji dan mempelajari al-qu’an dan Sunnah, sebagai dua sumber utama ajaran
islam yang harus kita pegang teguh.
Tentunya,
kita tidak mungkin memahami kedua sumber itu kecuali setelah mengetahiu kaidah
kaidah bahasa arab, khususnya ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf. Karena keduanya
merupakan kunci dalam mempelajari al-Qur’an dan Sunnah.
Ketika
hendak mempelajari ilmu Nahwu dan Sharaf, kebanyakan kalangan umat islam masih
mempunyai pandangan bahwa belajar ilmu nahwu itu sulit, Sehingga banyak juga
kalangan ummat islam yang merasa malas mungkin untuk mempelajari kaidah bahsa
arab yang disebut dengan ilmu Nahwu dan Sharaf , Memang untuk saat ini ada hal
yang praktis yaitu terjemahan baik itu al-Qur’an hadits serta kitab- kitab lain
yang berbahasa arab dan itupula yang membuat segala hal menjadi mudah, maka
dari itu pula seperti dalam mempelajari ilmuNahwu dan Sharaf pun untuk saat ini
banyak buku yang menyertakan isi serta ilmunya dengan terjemahan ini
diperuntukkan agar ummat islam mudah dalam mempelajari dan memahami kandungan
serta isi al-Qur’an dan Sunnah.
BAB
II
PEMBAHASAN
·
Pokok Pembahasan
Ilmu Nahwu
(HURUF)
Harf merupakan bagian dari kata kata, atau dengan
istilah lain kata adalah kumpulan dari huruf huruf. Dalam bahasa Indonesia harf disebut dengan huruf . Contoh
ب – ى – ت - ف – ح
Huruf huruf ini belum
mempunyai arti.
Jumlah huruf dalam
bahasa arab ada 28 huruf dan disebut dengan istilah huruf Hijaiyyah ( Alphabet).
a. Pembagian
huruf
Huruf
terbagi menjadi dua:
1) حرف هجا ءي (Huruf hijaiy)
adalah huruf hijaiyyah atau alpabetik. Disebut juga dengan حرف
مبا ني (Huruf
Mabaniy) yaitu huruf yang bisa membentuk satu kata
2) حرف مبا ني adalah huruf huruf yang telah mempunyai arti.
huruf huruf tersebut bias disebut satu kalimat
karena telah memiliki atau mempunyai arti
(KALIMAT)
Kalimat
adalah
lafadzh yang mempunyai arti baik satu huruf. Dua huruf atau lebih. Dalam bahasa
Indonesia kalimat disebut dengan “kata”
البيت ; Rumah
يكتب ; Menulis
يقراء ; Membaca
المدرسة ; Sekolah
Susunan
kata kerja , kata benda atau kata sambung dalam bahasa arab disebut dengan
kalimat.
Macam
macam kalimat
Kalimat
dalam bahasa arab terbagi menjadi 3 bagian;
1) إ سم ( isim ) = kata benda
Contoh :
a) با ب : pintu
b) نا فذة : jendela
c) سروال : celana
2) فعل ( fi’il ) = kata kerja
Contoh :
a) كتب – يكتب : menulis
b) استرح – يسترح : istirahat
c) كنس – يكنس :
menyapu
3) حرف ( harf) = Kata sambung , kata penghubung atau
kata tugas
(ISIM / kata
benda)
الإسم Isim
adalah kalimat yang mempunyai arti dan tidak disertai dengan waktu, seperti:
محمد : Muhammad
مريم : ma ryam
استا
ذ : guru
تلميذ : murid
شمس : matahari
Tanda tanda isim
Untuk mengenal isim, bias diketahui dengan beberapa
tanda ;
1. Berakhiran
dengan kasrah (--) Seperti :بسم
الر حيم , الله
,
2. Berakhiran
tanwin, baik tanwin dhammah
tanwin fathah atau tanwin kasrah
رجل
: laki-laki
إمرءة : perempuan
ولد : anak
laki laki
بنت : anak
permpuan
3. Diawali
dengan Alif lam ( ال ) baik qamariah maupun syamsiyah
Contoh :
الآستاذ : guru
القمر : bulan
الشمس : matahari
النجم : bintang
4. Diawali
dengan huruf jar, seperti;
من
الله :
Dari allah
الي
المسجد : ke
mesjid
في
البيت :
dirumah
على
الكر سي
: di atas kursi
5. Menunjukkan
nama orang atau kata benda,
Contoh :
عا
ئشة : Aisyah
بيتك : Rumahmu
د
فترى : buku saya
قلمه : pensilnya
Huruf jar
Huruf jar
adalah huruf huruf tertentu yang membuat akhiran isim menjadi kasrah
Contoh:
الله ; kalau didahului من
, harus dibaca ; من
الله
1.
من
(dari) : من النا س , من
الله , من الآرض
2.
إلي
(ke) :
ال المسجد ,ال المدرسة , ال السوق
3.
عن
(dari
) : عن النبي , عن علي
4.
في
(didalam) :
في البيت , في المسجد
5.
على (diatas) :
على المكتب , على الارض
6.
رب
(banyak/sedikit) :
رب رجل كريم , رب رجل عا لم
7.
الباء
(dengan)
:
بل لقلم , بل لمر سم
8.
الكاف
(seperti) :
كا القمر , للأ ستاذ
9.
اللأ
م (kepunyaan)
:
لله , للأ ستاذ
الفعل
( fi’il / kata kerja )
Fi’il
adalah kalimat yang menunjukkan suatu arti dan disertai dengan waktu
Contoh
:
كتب ; Telah menulis
يكتب ; Sedang menulis
قرأ ; Telah membaca
يقرأ ; Sedang membaca
Tanda tanda fi’il
Untuk
memudahkan mengenal fi’il bias diketahui
dengan beberapa tanda
Yaitu:
1. Diawali
lafazh قد ; Sungguh. Seperti : قد
قا مت الصلاة
2. Diawali
huruf Sin س ; akan
, Seperti : سيذهب , سير جع
3. Diawali
huruf saufa سوف ; akan
seperti : سوف تعلمون
4. Berakhiran
Ta Ta’nits Sakinah ت Ta mati yang menunjukkan jenis perempuan
Seperti : قد
جاءت
الجملة
المفيدة
( jumlah mufidah)
Jumlah mufidah adalah susunan
atau gabungan dari beberapa kata yang mempunyai arti sempurna.
Contoh
:
هو مريض ; Dia
sakit
أنت أستاذ ; Engkau
seorang guru
هو يكتب على
السبورة ; Ia sedang menulis di
papan tulis
أنت تقرأ القرآن ;
Engkau sedang membaca al quran
Pembagian jumlah mufidah
Jumlah
mufidah terbagi menjadi dua :
1. Jumlah ismiyyah adalah jumlah
yang diawali dengan isim.
Seperti:
علي
مريض ; Ali sakit
أحمد
مسا فر ; Ahmad bepergian
ابى
يقرأ القرآن ; Ayah sedang membaca al
quran
1.
Jumlah fi’liyyah
adalah jumlah yang diawali dengan fi’il
Seperti;
مرض
علي ;
Telah sakit ali
سا
فر أحمد ; Telah
bepergian ahmad
يقرأ
أبى القرأن ; Sedang membaca
ayahku al Quran
Susunan
kalimat sempurna dalam bahasa arab terdiri dari dua pola:
1)
Kalimat yang
tersusun dari Subjek + Predikat, disebutdengan jumlah ismiyyah.
2)
Kalimat yang
tersusun dari predikat + Subjek. Disebut
dengan jumlah fi’liyyah
Susunan kalimat diatas tidak
mengenal dalam istilah bahasa Indonesia. Dalam proses menterjemahkan kedalam
bahasa Indonesia tetap didahulukan subjek darii pada predikatnya.
Contoh:
قال
رسول الله ; Rasulullah telah
bersabda
خرجت
عا ئشة ; Aisyah
telah keluar
· MACAM MACAM ISIM MU’RAB
Jika ditelusuri secara bentuknya isim terbagi menjadi Sembilan,
yaitu;
1.
Isim mufrad
Isim
mufrad adalah isim yang menunjukkan
bilangan satu atau( singular), baik orang, tempat, atau benda.
Contoh:
بيت : Satu rumah
ولد : Seorang
anak laki laki
2.
isim mutsanna
isim
mutsanna adalah bilangan isim yang
menunjukkan dua, baik orang, tmpat atau benda.
Contoh:
ولدان : dua anak laki laki
رجلان : dua orang laki laki
3.
jama’ mudzakkar salim
Secara harfiah jama’ artinya
banyak , mudzakkar artinya laki laki dan salim artinya selamat.
Jama’ mudzakkar
salim adalah isim yang menunjukkan
bilangan banyak (plural) untuk jenis laki laki
Contoh:
المسلمون : orang orang muslim(laki laki)
كا فرون : orang orang kafir (laki laki)
4. jama’ muannats salim
secara harfiah, jama’ artinya banyak, muannats
artinya perempuan, dan salim artinya selamat.
Jama’ muannats salim
adalah lafazh yang menunjukkan bilangan banyak untuk jenis perempuan yang
selamat, disebut selamat karena selamat dari perubahan bentuk mufradnya,
Contoh:
صا
لحة menjadi صا
لحا ت
حسنة menjadi حسنا
ت
5. jama’ taksir
secara harfia jama’ itu artinya banyak, dan taksir
artinya; pecahatau berubah
jama’ taksir adalah lafazh yang menunjukkan bilangan
banyak dan mengalami perubahan dari mufradnya,
contoh:
ولد menjadi
أولاد
بيت menjadi بيو
ت
رجل menjadi رجا
ل
رسول menjadi رسل
Perubahan bentuk mufrad
kedalam bentuk jama’ taksir tidak ada aturan yang baku . terkadang dengan
ditambah atu dibuang, atau hanya dengan berubah baris (syakal) nya saja.
Untuk mengetahui bentuk jama’nya secara pasti kita harus melihat kamus
bahasa arab.
Ringkasan
pembagian isim
Dilihat dari
kuantitasnya
Isim
mufrad
Mutsanna
Jama’
Mudzakkar Salim muannats Salim taksir
1.
isim mufrad ;
menunjukkan bilangan satu
2.
isim mutsanna;
menunjukkan bilangan dua
3.
isim jama’
menunjukkan bilangan banyak.
-
Mudzakkar salim
; jama’ untuk jenis laki laki
-
Muannats salim ;
jama’ untuk jenis perempuan
-
Taksir ; jama’
untukhal hal yang tidak jelas jenis kelaminnya.
6.
Isim
isim yang lima
Asma al khamsah
artinya isim yang lima. Yaitu satu kelompok isim yang sama bentuknya dan
perubahannya. Yaitu:
أبوك
أبيك أباك
أخوك أخيك
أخا ك
حموك حميك حماك
7.
Maqshur
Isim maqshur
adalah isim yang berakhiran (alif yang tetap) ألف
لازمة
Contoh:
الفتى -
المصطفى - الهدى -
موسى - عيسى
Alif
diakhir isim isim tersebut disebut alif lazimah karena tetap, tidak bias
berubah atau dibuang, mengingat alif tersebut sebagai huruf asal. Berbeda
dengan alif mutsanna.
8.
Manqush
isim manqush
adalah setiap isim yang berakhiran ياء
لازمة (
ya yang tetap ) yang sebelumnya berbaris kasrah,
seperti:
الهدي -
الزانى - الراعى
- القاضى
9. Isim ghair munsharif
Munsharif
artinya tanwin, isim ghair munsharif adalah isim yang tidak bisa dibaca tanwin.
Seperti:
عثمان - إبرهيم -
فاطمة - عائشة
pada dasarnya isim
hendaklah dibaca tanwin jika tidak terdapat alif lam,
sedangkan
isim ghais munsharif tidak bisa dibaca tanwin walau tidak ada alif lam.
·
I’rab
qaul dan hukumnya
(fi’il)
Fi’il ialah kata
kerja baik itu pekerjaan yang telah lalu ataupun pekerjaan yang sedang
dilakukan dan ad pula yang berbentuk suatu perintah.
Jika ada kata kerja atau fi’il yang menunjukkan kepada pekerjaan
masa lampau atau telah berlalu seperti itu disebut fi’il madhi.
Dan jika dalam suatu kalimat atau kata kerja yanf menunjukkan bahwa
kata tersebut menunjukkan bahwa pekerjaan tersebut sedang dilakukan maka kata
kerja itu disebut fi’il mudhari.
Dan dalam suatu susunan kata yang menunjukkan bahwa arti kata
tersebut ialah berbentuk perintah maka itu disebut fi’il amr.
KETENTUAN FI’IL
1.
Fi’il adalah
قول يدل على حدوث شيئ فى زمن خاص
Qaul yang menunjukkan satu kejadian
pada waktu tertentu
2.
Hukum
fi’il adalah mabni atau tetap dalam bentuk asalnya
3.
Bila
failnya muannats maka fi’ilnya harus muannats.
4.
Fi’il harus tetap dalam keadaan mufrad meskipun fa’ilnya mutsanna
atau jama’
(fa’il)
1.
Fa’il adalah
قول قدمه الفعل التام والمعلوم أوسبهه
وكان محكوما عليه
Qaul yang didahului oleh fi’il tam
(bukan fi’il naqis) ma’lum (aktif )atau didahului oleh yang serupa dengan fiil
dan merupakan sesuatu yang dihukumi
2.
Hukum
fa’il adalah marfu’
3.
Fa’il mesti didahului fi’il atau yang menyerupainya tetapi tidak
selalu bersambungdengan fi’ilnya atau yang menyerupainya.
(na’ibul fail)
1.
Na’ibul fail adalah:
قول قدمه الفعل التام المجهول أوشبهه
وكان محكوما عليه
Qaul yang didahului dengan fi’il tam
(bukan naqis) majhuil (pasif) atau yang menyerupainya (syibhul fi’li) dan
merupakan sesuatu yang dihukumi
2.
Hukum
na’ibul fail adalah marfu’
(al mubtada’u)
1.
Mubtada adalah :
قول مجرد من العوامل اللفظية الآصلية
وكان محكوما عليه إلا إذا كان من اسم الصفة النكرة
Qaul yang tidak bisa dimasuki amil
lafdzi (bukan huruf tambahan) dan merupakan sesuatu yang dihukumi kecuali kalau
qaulnya berupa isim sifat nakirah ( syibhul fi’li)
2.
Kebanayakan
mubtada berbentuk isim ma’rifat dan berada diawal kalam (kalimat)
tapi ada juga yang diakhirkan dari khabarnya dan disebut mubtada
mu’akhar
3.
Hukum
mubtada adalah marfu’
( al khabaru)
1.
Khabar adalah :
قول يتم معنى المبتدإ غير اسمالصفة
النكيرة
Qaul yang menyempurnakan mubtada’
selain yang berbentuk isim sifat nakirah
2.
Bila
khabarnya berbentuk kalimat mustak maka khabar itu harus
sesuai dengan mubtadanya dalam mufrad, mustastna dan jama’nya.
3.
Kebanyakan
khabar ada setelah mubtada, tetapi ada pula yang sebelum mubtada
, dan disebut khabar muqaddam
4.
Hukum
khabar adalah marfu’
( maf’ul bih)
1.
maf’ul
bih adalah :
قول يدل على ما وقع عليه الفعل مع ذكر
فا عله
Qaul yang menunjukkan kepada sesuatu
yang terkena pekerjaan dengan disebutkan fa’ilnya
2.
Hukum
maf’ul bih adalah manshub
3.
Maf’ul
bih tidak selalu harus setelah fi’il dan fa’il tetapi
bias berada sebelumnya.
Simpulan
Dalam
mengetahui tata bahasa arab secara baik dan benar itu memang sangat diperlukan
segi bidang ilmu nahwu dan sharaf untuk mempermudah dalam mengkaji setiap kitab
yang ada.
Dan dalam hal
ini pun banyak pembagian cabang yang terdapat dalam ilmu nahwu. Pembagian ini mempunyai hokum tertentu yan
diantaranya harus berangkat dari kelas yang lebih tinggi ke kelas yang lebih
rendah. Sesuatu yang akan dibagi harus lah berupa genus, genus terdekat nahwu
adalah qaul dan jabatan qaul. Hal ini diperkuat oleh pernyataan ibnu maik dalam
kitabnya al fiyyah: “wa al qaul amm” (qauk itu lebih umum). Dan dalam pembagian
tersebut saya masih kurang dalam hal pembahasan ilmu nahwu.
Maka dari itu
dari penulisan makalah ini mungkin semua hanya tercakup dari segi bidang ilmu
nahwu karena masih keterbatasan ilmu yang mungkin perlu untuk dikaji ulang
dalam hal pembelajaran yang telah lalu.setelah penulisan makalah ini saya
berharap mudah mudahan dapat bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
Aceng zakaria, ILMU NAHWU PRAKTIS system belajar 40 jam, ibn azka
press,garut 44151
Jenal busthomi,NAHWU KONTEMPORER,Model Baru Belajar Cepat Tata
Bahasa Arab,cetakan pertama,maret 2004: benang merah press,cetakan
kedua,februari2007: wahana karya grafika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar