Rabu, 06 Juni 2012

makalah bahasa arab


MAKALAH
TUGAS MANDIRI
DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS AKHIR SEMESTER
BAHASA ARAB


 NAMA  : ADI FIRDAUS
NIM  :1210305006
FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2011



KATA PENGANTAR
         
Puji serta syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena Alhamdulillah atas rahmat dan karunia serta ridhonya penyusun bisa menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa pula shalawat beserta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW. Beserta pengikutnya hingga akhir jaman.
          Kami ucapkan terima kasih kepada bapak/ibu dosen selaku dosen pembimbing mata kuliah bahasa arab ini yang senantiasa memberikan arahan sampai tersusunya makalah ini, juga tak lupa kepada orang tua kami yang selalu memberikan motivasi kepada kami dan kepada pihak yang turut membantu semoga bertambah ilmunya untuk tetap memberikan yang terbaik dan hanya Allah lah yang dapat memberikan balasannya.
          Makalah bahasa  arab yang disusun ini  untuk memenuhi tugas akhir semester. Dalam penulisan makalah ini penyusun masih menyadari masih banyak kekurangan.
          Dengan isi yang sederhana . Besar harapan kami semoga makalah yang dibuat ini dapat member manfaat sekedar menyingkap tabir pengetahuan serta menjenguk isinya

Bandung 30 mei 2011



Penyusun



 DAFTAR ISI
Kata pengantar......................................................................................................................................... i
Daftar isi................................................................................................................................................. ii 
BAB I PENDAHULUAN
 Latar belakang masalah........................................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................................................................2
Pokok pokok pembahasan ilmu nahwu..................................................................................................................................................... 2
1.      Huruf.......................................................................................................................................... 2
2.      Kalimat....................................................................................................................................... 3
3.      Isim/kata benda........................................................................................................................... 4
a.       Tanda tanda isim.............................................................................................................. 4
b.      Huruf jar.......................................................................................................................... 5
4.      Fi’il/kata kerja............................................................................................................................. 6
5.      Jumlah mufidah............................................................................................................................ 7
a.       Pembagian jumlah mufidah.............................................................................................. 7
Macam macam Isim Mu’rab................................................................................................................................................... 8
1.      Isim mufrad............................................................................................................................... 8
2.      Isim mutsanna........................................................................................................................... 8
3.      Jama’ mudzakkar salim.............................................................................................................. 8
4.      Jama’ muannats salim................................................................................................................. 9
5.      Jama’ taksir............................................................................................................................... 9
6.      Isim yang lima........................................................................................................................... 10
7.      Maqshur................................................................................................................................... 10
8.      Manqush.................................................................................................................................. 11
9.      Isim ghair munsharif................................................................................................................... 11
I’rab qaul dan hukumnya................................................................................................................... 11
1.      Fi’il........................................................................................................................................... 11
2.      Fa’il.......................................................................................................................................... 11
3.      Na’ibul fa’il............................................................................................................................... 12
4.      Mubtada................................................................................................................................... 12
5.      khabar...................................................................................................................................... 13
6.      maf’ul bih.................................................................................................................................. 13
simpulan.............................................................................................................................................. 14
daftar pustaka..................................................................................................................................... 15


 


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sebagai umat islam, kita dituntut untuk bisa mengkaji dan mempelajari al-qu’an  dan Sunnah, sebagai dua sumber utama ajaran islam yang harus kita pegang teguh.
Tentunya, kita tidak mungkin memahami kedua sumber itu kecuali setelah mengetahiu kaidah kaidah bahasa arab, khususnya ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf. Karena keduanya merupakan kunci dalam mempelajari al-Qur’an dan Sunnah.
Ketika hendak mempelajari ilmu Nahwu dan Sharaf, kebanyakan kalangan umat islam masih mempunyai pandangan bahwa belajar ilmu nahwu itu sulit, Sehingga banyak juga kalangan ummat islam yang merasa malas mungkin untuk mempelajari kaidah bahsa arab yang disebut dengan ilmu Nahwu dan Sharaf , Memang untuk saat ini ada hal yang praktis yaitu terjemahan baik itu al-Qur’an hadits serta kitab- kitab lain yang berbahasa arab dan itupula yang membuat segala hal menjadi mudah, maka dari itu pula seperti dalam mempelajari ilmuNahwu dan Sharaf pun untuk saat ini banyak buku yang menyertakan isi serta ilmunya dengan terjemahan ini diperuntukkan agar ummat islam mudah dalam mempelajari dan memahami kandungan serta isi al-Qur’an dan Sunnah.










BAB II
PEMBAHASAN


·         Pokok Pembahasan Ilmu Nahwu

(HURUF)
Harf  merupakan bagian dari kata kata, atau dengan istilah lain kata adalah kumpulan dari huruf huruf. Dalam bahasa Indonesia harf disebut dengan huruf . Contoh



ب – ى – ت -  ف – ح

Huruf huruf ini belum mempunyai arti.



Jumlah huruf dalam bahasa arab ada 28 huruf dan disebut dengan istilah huruf Hijaiyyah ( Alphabet).



a.       Pembagian huruf



Huruf terbagi menjadi dua:







1)      حرف هجا ءي  (Huruf hijaiy) adalah huruf hijaiyyah atau alpabetik. Disebut juga dengan حرف مبا ني (Huruf Mabaniy) yaitu huruf yang bisa membentuk satu kata



2)      حرف مبا ني  adalah huruf huruf yang telah mempunyai arti.



huruf huruf tersebut bias disebut satu kalimat karena telah memiliki atau mempunyai arti








(KALIMAT)

Kalimat adalah lafadzh yang mempunyai arti baik satu huruf. Dua huruf atau lebih. Dalam bahasa Indonesia kalimat disebut dengan “kata

البيت  ; Rumah

يكتب  ; Menulis

يقراء   ; Membaca  

المدرسة  ;  Sekolah

Susunan kata kerja , kata benda atau kata sambung dalam bahasa arab disebut dengan kalimat.

Macam macam kalimat

Kalimat dalam bahasa arab terbagi menjadi 3 bagian;
1)      إ سم ( isim ) = kata benda
Contoh :
a)      با ب    :  pintu
b)     نا فذة  :  jendela
c)      سروال : celana

2)      فعل  ( fi’il )  = kata kerja
Contoh :
a)      كتب – يكتب        : menulis
b)     استرح – يسترح  : istirahat
c)      كنس – يكنس      : menyapu

3)      حرف ( harf) = Kata sambung , kata penghubung atau kata tugas



(ISIM / kata benda)

الإسم  Isim adalah kalimat yang mempunyai arti dan tidak disertai dengan waktu, seperti:

محمد   :  Muhammad
مريم    :  ma ryam
استا ذ  :  guru
تلميذ   :  murid
شمس  :  matahari

Tanda tanda isim

Untuk mengenal isim, bias diketahui dengan beberapa tanda ;
1.      Berakhiran dengan kasrah (--) Seperti :بسم  الر حيم , الله ,
2.      Berakhiran tanwin, baik tanwin dhammah tanwin fathah atau tanwin kasrah

رجل    :  laki-laki
إمرءة  :  perempuan
ولد     :  anak laki laki
بنت    :  anak permpuan
3.      Diawali dengan Alif lam  ( ال ) baik qamariah maupun syamsiyah
Contoh :
الآستاذ   :  guru
القمر     :  bulan
الشمس  :  matahari
النجم     :  bintang
4.      Diawali dengan huruf jar, seperti;

من الله          :  Dari allah
الي المسجد    :  ke mesjid
في البيت       :  dirumah
على الكر سي :  di atas kursi




5.      Menunjukkan nama orang atau kata benda,



Contoh :



عا ئشة  : Aisyah



بيتك      :  Rumahmu



د فترى  :  buku saya



قلمه      :  pensilnya



Huruf jar



Huruf jar adalah huruf huruf tertentu yang membuat akhiran isim menjadi kasrah



Contoh:



الله       ; kalau didahului من  , harus dibaca ; من الله







1.      من (dari)                       : من النا س , من الله , من الآرض



2.      إلي (ke)                         : ال المسجد ,ال المدرسة , ال السوق



3.   عن                  (dari )    : عن النبي , عن علي



4.      في (didalam)                : في البيت , في المسجد



5.      على  (diatas)                 : على المكتب , على الارض



6.      رب  (banyak/sedikit)   : رب رجل كريم , رب رجل عا لم



7.      الباء  (dengan)              : بل لقلم , بل لمر سم



8.      الكاف (seperti)              : كا القمر , للأ ستاذ



9.      اللأ م (kepunyaan)        : لله , للأ ستاذ















الفعل



( fi’il / kata kerja )







Fi’il adalah kalimat yang menunjukkan suatu arti dan disertai dengan waktu



Contoh :







 كتب   ; Telah menulis



يكتب    ; Sedang menulis



قرأ       ; Telah membaca



يقرأ     ; Sedang membaca







 Tanda tanda fi’il







Untuk memudahkan  mengenal fi’il bias diketahui dengan beberapa tanda



Yaitu:



1.      Diawali lafazh قد ; Sungguh. Seperti :  قد قا مت الصلاة



2.      Diawali huruf Sin س  ; akan  , Seperti : سيذهب  , سير جع



3.      Diawali huruf saufa  سوف ; akan seperti : سوف تعلمون



4.      Berakhiran Ta Ta’nits Sakinah ت Ta mati yang menunjukkan jenis perempuan



Seperti : قد جاءت









الجملة المفيدة
( jumlah mufidah)




Jumlah mufidah adalah susunan atau gabungan dari beberapa kata yang mempunyai arti sempurna.



Contoh :



هو مريض                    ; Dia sakit



أنت أستاذ                     ; Engkau seorang guru



هو يكتب على السبورة     ; Ia sedang menulis di papan tulis



أنت تقرأ القرآن              ; Engkau sedang membaca al quran







Pembagian jumlah mufidah



Jumlah mufidah terbagi menjadi dua :



           



1.      Jumlah ismiyyah adalah jumlah yang diawali dengan isim.



Seperti:



علي مريض        ; Ali sakit



أحمد مسا فر       ; Ahmad bepergian



ابى يقرأ القرآن    ; Ayah sedang membaca al quran



1.      Jumlah fi’liyyah adalah jumlah yang diawali dengan fi’il



Seperti;



مرض علي             ; Telah sakit ali



سا فر أحمد            ; Telah bepergian ahmad



يقرأ أبى القرأن       ; Sedang membaca ayahku al Quran



Susunan kalimat sempurna dalam bahasa arab terdiri dari dua pola:



1)      Kalimat yang tersusun dari Subjek + Predikat, disebutdengan jumlah ismiyyah.



2)      Kalimat yang tersusun dari predikat  + Subjek. Disebut dengan jumlah fi’liyyah



Susunan kalimat diatas tidak mengenal dalam istilah bahasa Indonesia. Dalam proses menterjemahkan kedalam bahasa Indonesia tetap didahulukan subjek darii pada predikatnya.



Contoh:



قال رسول الله               ; Rasulullah telah bersabda



خرجت عا ئشة             ; Aisyah telah keluar







·        MACAM MACAM ISIM MU’RAB







Jika ditelusuri secara bentuknya isim terbagi menjadi Sembilan, yaitu;







1.        Isim mufrad



Isim mufrad adalah isim yang menunjukkan bilangan satu atau( singular), baik orang, tempat, atau benda.



Contoh:



بيت     : Satu rumah



ولد     :  Seorang anak laki laki







2.     isim mutsanna



isim mutsanna adalah bilangan isim yang menunjukkan dua, baik orang, tmpat atau benda.



Contoh:



ولدان    : dua anak laki laki



رجلان   : dua orang laki laki







3.     jama’ mudzakkar salim



Secara harfiah jama’ artinya banyak , mudzakkar artinya laki laki dan salim artinya selamat.



Jama’ mudzakkar salim adalah isim yang menunjukkan bilangan banyak (plural) untuk jenis laki laki



Contoh:



المسلمون    : orang orang muslim(laki laki)



كا فرون      : orang orang kafir (laki laki)







4.     jama’ muannats salim



secara harfiah, jama’ artinya banyak, muannats artinya perempuan, dan salim artinya selamat.



Jama’ muannats salim adalah lafazh yang menunjukkan bilangan banyak untuk jenis perempuan yang selamat, disebut selamat karena selamat dari perubahan bentuk mufradnya,



Contoh:



صا لحة          menjadi         صا لحا ت



حسنة             menjadi        حسنا ت







5.     jama’ taksir



secara harfia jama’ itu artinya banyak, dan taksir artinya; pecahatau berubah



jama’ taksir adalah lafazh yang menunjukkan bilangan banyak dan mengalami perubahan dari mufradnya,



contoh:



ولد           menjadi   أولاد



بيت          menjadi    بيو ت



رجل         menjadi    رجا ل



رسول       menjadi     رسل



 Perubahan bentuk mufrad kedalam bentuk jama’ taksir tidak ada aturan yang baku . terkadang dengan ditambah atu dibuang, atau hanya dengan berubah baris (syakal) nya saja. Untuk mengetahui bentuk jama’nya secara pasti kita harus melihat kamus bahasa arab.







Ringkasan pembagian isim
Dilihat dari kuantitasnya

Isim



 







                         mufrad                                        Mutsanna  



                                               Jama’  



                                                           



Mudzakkar Salim           muannats Salim                 taksir







1.      isim mufrad ; menunjukkan bilangan satu



2.      isim mutsanna; menunjukkan bilangan dua



3.      isim jama’ menunjukkan bilangan banyak.



-          Mudzakkar salim ; jama’ untuk jenis laki laki



-          Muannats salim ; jama’ untuk jenis perempuan



-          Taksir ; jama’ untukhal hal yang tidak jelas jenis kelaminnya.







6.     Isim isim yang lima



Asma al khamsah artinya isim yang lima. Yaitu satu kelompok isim yang sama bentuknya dan perubahannya. Yaitu:



 أبوك        أبيك          أباك     



أخوك       أخيك         أخا ك    



حموك      حميك         حماك    







7.    Maqshur



Isim maqshur adalah isim yang berakhiran (alif yang tetap) ألف لازمة  



Contoh:



الفتى -  المصطفى -  الهدى  -  موسى  -  عيسى



Alif diakhir isim isim tersebut disebut alif lazimah karena tetap, tidak bias berubah atau dibuang, mengingat alif tersebut sebagai huruf asal. Berbeda dengan alif mutsanna.







8.      Manqush



isim manqush adalah setiap isim yang berakhiran ياء لازمة ( ya yang tetap ) yang sebelumnya berbaris kasrah,



seperti:



الهدي   -    الزانى  -   الراعى  -  القاضى







9.     Isim ghair munsharif



Munsharif artinya tanwin, isim ghair munsharif adalah isim yang tidak bisa dibaca tanwin.



Seperti:



عثمان    -    إبرهيم   -    فاطمة    -     عائشة



pada dasarnya isim hendaklah dibaca tanwin jika tidak terdapat alif lam,



sedangkan isim ghais munsharif tidak bisa dibaca tanwin walau tidak ada alif lam.






·          I’rab qaul dan hukumnya

(fi’il)
Fi’il ialah kata kerja baik itu pekerjaan yang telah lalu ataupun pekerjaan yang sedang dilakukan dan ad pula yang berbentuk suatu perintah.
Jika ada kata kerja atau fi’il yang menunjukkan kepada pekerjaan masa lampau atau telah berlalu seperti itu disebut fi’il madhi.
Dan jika dalam suatu kalimat atau kata kerja yanf menunjukkan bahwa kata tersebut menunjukkan bahwa pekerjaan tersebut sedang dilakukan maka kata kerja itu disebut fi’il mudhari.
Dan dalam suatu susunan kata yang menunjukkan bahwa arti kata tersebut ialah berbentuk perintah maka itu disebut fi’il amr.

KETENTUAN FI’IL
1.      Fi’il adalah
قول يدل على حدوث شيئ فى زمن خاص
Qaul yang menunjukkan satu kejadian pada waktu tertentu
2.      Hukum fi’il adalah mabni atau tetap dalam bentuk asalnya
3.      Bila failnya muannats maka fi’ilnya harus muannats.
4.      Fi’il harus tetap dalam keadaan mufrad meskipun fa’ilnya mutsanna atau jama

(fa’il)
1.        Fa’il adalah
قول قدمه الفعل التام والمعلوم أوسبهه وكان محكوما عليه
Qaul yang didahului oleh fi’il tam (bukan fi’il naqis) ma’lum (aktif )atau didahului oleh yang serupa dengan fiil dan merupakan sesuatu yang dihukumi
2.         Hukum fa’il adalah marfu’
3.         Fa’il mesti didahului fi’il atau yang menyerupainya tetapi tidak selalu bersambungdengan fi’ilnya atau yang menyerupainya.
(na’ibul fail)
1.     Na’ibul fail adalah:
قول قدمه الفعل التام المجهول أوشبهه وكان محكوما عليه
Qaul yang didahului dengan fi’il tam (bukan naqis) majhuil (pasif) atau yang menyerupainya (syibhul fi’li) dan merupakan sesuatu yang dihukumi
2.      Hukum na’ibul fail adalah marfu’
(al mubtada’u)


1.      Mubtada adalah :
قول مجرد من العوامل اللفظية الآصلية وكان محكوما عليه إلا إذا كان من اسم الصفة النكرة
Qaul yang tidak bisa dimasuki amil lafdzi (bukan huruf tambahan) dan merupakan sesuatu yang dihukumi kecuali kalau qaulnya berupa isim sifat nakirah ( syibhul fi’li)
2.      Kebanayakan mubtada berbentuk isim ma’rifat dan berada diawal kalam (kalimat) tapi ada juga yang diakhirkan dari khabarnya dan disebut mubtada mu’akhar
3.      Hukum mubtada adalah marfu’



( al khabaru)

1.     Khabar adalah :
قول يتم معنى المبتدإ غير اسمالصفة النكيرة
Qaul yang menyempurnakan mubtada’ selain yang berbentuk isim sifat nakirah
2.      Bila khabarnya berbentuk kalimat mustak maka khabar itu harus sesuai dengan mubtadanya dalam mufrad, mustastna dan jama’nya.
3.      Kebanyakan khabar ada setelah mubtada, tetapi ada pula yang sebelum mubtada , dan disebut khabar muqaddam
4.      Hukum khabar adalah marfu’

( maf’ul bih)

1.      maf’ul bih adalah :
قول يدل على ما وقع عليه الفعل مع ذكر فا عله
Qaul yang menunjukkan kepada sesuatu yang terkena pekerjaan dengan disebutkan fa’ilnya
2.      Hukum maf’ul bih adalah manshub
3.      Maf’ul bih tidak selalu harus setelah fi’il dan fa’il tetapi bias berada sebelumnya.




Simpulan

Dalam mengetahui tata bahasa arab secara baik dan benar itu memang sangat diperlukan segi bidang ilmu nahwu dan sharaf untuk mempermudah dalam mengkaji setiap kitab yang ada.
Dan dalam hal ini pun banyak pembagian cabang yang terdapat dalam ilmu nahwu.  Pembagian ini mempunyai hokum tertentu yan diantaranya harus berangkat dari kelas yang lebih tinggi ke kelas yang lebih rendah. Sesuatu yang akan dibagi harus lah berupa genus, genus terdekat nahwu adalah qaul dan jabatan qaul. Hal ini diperkuat oleh pernyataan ibnu maik dalam kitabnya al fiyyah: “wa al qaul amm” (qauk itu lebih umum). Dan dalam pembagian tersebut saya masih kurang dalam hal pembahasan ilmu nahwu.
Maka dari itu dari penulisan makalah ini mungkin semua hanya tercakup dari segi bidang ilmu nahwu karena masih keterbatasan ilmu yang mungkin perlu untuk dikaji ulang dalam hal pembelajaran yang telah lalu.setelah penulisan makalah ini saya berharap mudah mudahan dapat bermanfaat.











DAFTAR PUSTAKA

Aceng zakaria, ILMU NAHWU PRAKTIS system belajar 40 jam, ibn azka press,garut 44151
Jenal busthomi,NAHWU KONTEMPORER,Model Baru Belajar Cepat Tata Bahasa Arab,cetakan pertama,maret 2004: benang merah press,cetakan kedua,februari2007: wahana karya grafika










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar